Alasan Mengapa BBM Ancam Eksistensi WhatsApp | INFOSAJA

19/6/2017 19/6/2017
18/1/2017 18/1/2017 Bandar Kiu 11/8/2017 Bandar Poker 11/8/2017 Judi Online 11/8/2017
12/7/2017 12/7/2017 12/7/2017 12/7/2017

Alasan Mengapa BBM Ancam Eksistensi WhatsApp

 Alasan Mengapa BBM Ancam Eksistensi WhatsApp 161020073142354100 1 xask Alasan Mengapa BBM Ancam Eksistensi WhatsApp
bbm untuk android 179x300 Alasan Mengapa BBM Ancam Eksistensi WhatsApp
Kehadiran BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform secara tak langsung menggerus popularitas aplikasi pesan instan lainnya macam Line atau Whatsapp. Lagi pula BBM tersedia gratis. Tengok saja klaim dari BlackBerry yang menyebutkan BBM sudah diunduh 10 juta kali dalam tempo kurang 24 jam.Secara tak langsung, BBM di Android dan iOS mengancam eksistensi aplikasi pesan lain yang dulunya hadir sebagai jawaban keterbatasan BBM. Terlebih lagi, BBM punya deretan keunggulan yang tak bisa disajikan aplikasi pesan lainnya.
Di samping itu, kebanyakan orang sudah familiar dengan BBM jauh sebelum aplikasi lainnya ada. Rata-rata pengguna aplikasi WhatsApp maupun Line dulunya adalah pengguna BBM sebelum bermigrasi ke perangkat Android maupun iOS. Motifnya karena banyak limitasi dari perangkat BBM.FirstPost dan CrackBerry memberi daftar panjang mengapa BBM lebih difavoritkan pengguna ketimbang aplikasi pesan lainnya.
1. Kepastian pesan dibaca
Pengguna BBM pasti paham notifikasi berbentuk huruf D yang menandakan pesan telah terkirim dan huruf R yang menandakan pesan sudah dibaca. Whatsapp memang ada aplikasi berupa tanda centang tapi itu bukan notifikasi pesan itu sudah dibaca melainkan tanda pesan sudah tiba di perangkat tujuan.
2. Cara invited
BBM menekankan privasi pengguna dalam mekanisme ‘invited’ lewat PIN. Beda denga WhatsApp yang berbasis nomor telepon. Sekilas BBM terlihat merepotkan karena mesti mengirim undangan dulu kepada orang lain. Tapi justru itu kelebihannya karena BBM melindungi privasi.Beda dengan WhastApp yang berbasis nomor telepon yang ada di daftar kontak gadget. Pengguna secara otomatis tahu siapa saja yang menggunakan WhatsApp cukup melihat notifikasi di daftar kontaknya.
3. Berbagi file
BBM dan WhastApp memang bisa berbagi file. Tak seperti WhatsApp, grup dalam BBM hanya bisa mengirim gambar, meski bisa ditambahi caption dan komentar. Tetapi, para anggota BBM Group bisa berbagi jadwal event dan kalendar. BBM mendukung hingga 30 anggota dalam sebuah grup, sementara batas yang diberlakukan WhatsApp lebih longgar, mencapai 50 kontak.
Salah satu fitur BBM yang belum ada di versi iPhone dan Android adalah BBM Channel yang memungkinkan pengguna menjadi pengikut sebuah channel yang menyiarkan segala macam konten.
Mekanisme tersebut mirip dengan Twitter, tetapi memiliki perbedaan dalam hal privasi karena pengguna tidak bisa melihat channel mana yang diikuti oleh pengguna lain. Fitur ini rencananya bakal ditambahkan di BBM untuk iPhone dan Android di kemudian waktu, bersama dengan fungsi voice dan video chat.
4. Personalisasi
WhatsApp menyediakan wallpaper yang bisa dipilih pengguna, tapi tidak demikian dengan BBM. Selain itu pilihan emoticons WhatsApp lebih banyak sekitar 189, sedangkan BBM hanya 90. Meski begitu BBM punya sekitar 600 emoticons lainnya tapi pengguna mesti hapal terlebih dulu untuk menggunakannya. 
Tapi kelebihan BBM ada di statusnya yang bisa diatur untuk menampilkan status yang dicustomisasi dan musik yang sedang diputar. Di samping itu status di BBM juga bisa terkoneksi dengan aplikasi lainnya macam Foursquare dan bisa update posisi.
5. Notifikasi
Pasti familiar kan dengan bunyi ‘Ping’. Itu sebagai isyarat agar seseorang segera membaca pesan yang dikirim. Meski begitu WhatsApp juga memberi notifikasi lewat kedipan lampu, getaran, maupun suara yang bisa dipilih.
Sumber:http://id.berita.yahoo.com/daftar-alasan-mengapa-bbm-ancam-eksistensi-whatsapp-032158173.html

Share this post:

Recent Posts